Jumat, 13 September 2013

YUK DIBIASAKAN





Permainan

Cara bermain:
1.Minta anak anda menyatukan kedua tangannya dengan jari saling mengunci. Ibu perhatikan jari mana yang berada di atas.lalu ibu minta anak membuka kembali kedua telapak tangannya,kemudian minta agar anak melipat kembali tangannya namun dengan ibu jari yg sebelumnya di bawah dganti diletakkan di atas. Tanyakan,apakah cara baru tsb terasa nyaman?
2.Minta anak anda coret2 atau menulis sesuatu di kertas,kemudian minta dia melakukan dengan tangan yang sebailknya. Tanyakan, apakah cara baru tsb terasa nyaman?
3.Minta anak anda menyilangkan kakinya di lutut,perhatikan kaki mana yang berada di atas.kemudian minta dia melakukan dengan kaki yang sebailknya berada di atas. Tanyakan, apakah cara baru tsb terasa nyaman?
Jelaskan ,betapa sulit mengubah kebiasaan apabila telah mengakar. Jadi sangatlah penting membangun kebiasaan yang benar dan cerdik sejak kecil. Contohnya adalah membiasakan anak sholat lima waktu. Tanpa adanya pembiasaan sejak kecil,mengerjakan shalat dan amal perbuatan baik lainnya akan terasa sulit kelak setelah anak dewasa. Itulah diantara hikmahnya, Rasulullah Shalallahu a’laihi wassalam bersabda:

“Perintahkanlah anak untuk shalat ketika telah mencapai usia tujuh tahun. Dan bila telah berusia sepuluh tahun, pukullah dia bila enggan menunaikannya.” (HR. Abu Dawud no. 494, dan dikatakan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud: hasan shahih)

Perintah untuk memukul jika enggan menunnaikan shalat bila telah usia 10 th bukan semata-mata untuk menyakiti anak,melainkan agar sejak dini anak terbiasa mengerjakan shalat.

Wallahu a’lam
Semoga bermanfaat